Senin, 13 Juli 2015

Balada Diet

Ada hal yang setahun ini mengganjal bagi saya. Ini masalah angka yang dihasilkan setiap saya naik ke timbangan. Semua ini dimulai pada waktu Piala Dunia 2014 tahun lalu. Tanpa sadar karena dinikmati juga, saya selalu begadang nonton bola ditemani berbagai cemilan kalau dikosan. Belum lagi ditambah kalau nobar di restoran cepat saji, woww bisa lupa diri apa yang dimakan. 2x45 menit pasti meja ga pernah kosong. Itu juga karena prinsip pacar saya yang enggan lama-lama di tempat
makan kalau makanannya udah abis. Jadilah kick-off babak pertama menunya normal, nasi+ayam+softdrink. Pas kick-off second-half mulai mesen kentang atau nambah minum. Syukur-syukur pertandingan abis di waktu normal. Kalo misalnya harus perpanjangan waktu, daftar menu yang dipesan bertambah juga wtf.

Selama sebulan kaya begitu secara ga sadar sebenarnya timbangan udah naik. Tapi masalahnya mungkin umur udah berpengaruh banyak dengan pembakaran lemak. Saat saya merasa kancing celana mulai nyesek dan memutuskan untuk diet, ternyata diet tak lagi semudah dulu *udah kaya lagu dangdut*

Saya pernah mencoba rutin mengkonsumsi teh daun jati. Konon katanya teh ini membatu melunturkan lemak dan melangsing kan dalam seminggu secara aman. Referensi untuk minum teh ini datang dari para saudari yang membuat saya jadi lebih yakin. Akhirnya saya beli 500 gram yang ternyata banyaknya ampun-ampunan,

Do you know what next? Saya rasa berat badan ga turun seperti diekspektasikan, malah efek lainnya yang menyiksa banget. Karena disarankan minum ini malam sebelum tidur, sekitar jam 1-3 subuh saya pasti terbangun untuk BAB. Perut juga mules luar biasa kaya kena diare. Saya tahan sekitar 2 minggu, dan akhirnya saya menyerah. Dan ternyata penggunaan teh daun jati memang berbahaya karena sistem kerjanya sama seperti pencahar. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat disini.

Setelah itu banyak cara saya lakukan agar langsing kembali, termasuk akupuntur, Padahal saya itu takut banget sama yang namanya jarum, bangeetttt damn. Tapi demi langsing semua dilakukan. Beauty is pain, right! Menurut saya akupuntur ini bagus juga, tapi saya ogah kesana lagi. Mengapa? Akupunturisnya ternyata jualan obat anggota MLM, wtf lol. Saya dihubungi terus diminta join sampe kabur-kaburan. Makanya cukup sekali deh saya kesana.

Setelah cerita pengalaman diatas yang lebih banyak mirisnya, mungkin pada penasaran saya segemuk apa sih. Yang jelas kalo teman saya ada yang tau saya lagi diet, komentarnya sama "Udah kurus jugaaa..." Dalam hati saya, iya sih tapi celana ga kekancing gimana.

Berat normal saya bertahun-tahun  adalah 55 kilogram, itu udah pas banget ga gemuk ga juga kerempeng. Saya ga bisa kurang dari situ karena akan kelihatan kurus sekali. Mengapa? Karena tulang saya termasuk besar jadi kalo timbangan saya memang termasuk berat. Saya pernah diet keceplosan sampai 50 kilo dan abis tu tepar di RS. Waktu itu kena demam berdarah, tapi maagnya akut karena diet mungkin. Jadi obat-obatnya terbatas, kalo DBD perlu minum jus jambu biji supaya HB nya naik, saya ga bisa karena jambu biji asam buat lambung, hiks.

Setelah piala dunia berat saya..... 60 kilogram *benci banget harus nulis ini* dan puncaknya saat semua baju bikin saya ga bisa bernafas adalah 62 kilogram. Sampai papi saya ikutan komen, gemuk banget kak *dalem banget, sakitnya tuh disini*

Akhirnya setelah setahun diet maju mundur niat ga niat berat stuck di 60 aja, tibalah saatnya saya harus foto prewed. Masa di foto sepenting itu saya gemukkkk nooo!!! 

Dan ternyata diet itu memang tentang niat, niat dan niat. Pengen kurus aja tapi niatnya lemah, bunyi bakso aja udah langsung laper. Jadi saya putuskan diet dengan mengurangi makanan. Awal-awalnya malah ada yang sehari cuma makan tahu tempe. Setelah itu saya makan tanpa nasi, jadi lauknya bebas normal tapi tanpa nasi. Menyiksa? Ngga, karena saya udah niat soalnya. Saya ga tau cara ini cocok buat orang lain atau ngga. Kalo ada yang mengikuti cara saya terus malah semaput saya ga tanggung ya lol.



Sampai saat ini saya juga masih menjalani pola makan diet, jadi makan normal sekali sehari dan sedikit ngemil *dasarnya tukang ngemil*. Berat saya juga hampir normal, sekarang udah 56,5 kilogram yeayyy. Dan yang paling penting saya ga sakit maag, ga lemes dan ga tepar. Hwaiting for me untuk mencapai 55 atau kalo bisa 53 kilogram yaa...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar