Jumat, 10 Juli 2015

About Orion

Kalo ditanya apa itu Orion, pasti semua akan menjawab salah satu rasi bintang dan memiliki kisah dalam mitologi Yunani. Jika kita tengok langit malam pada bulan Januari-Februari akan tampak sebuah pola rasi bintang yang jelas: tiga buah bintang cukup terang, terletak sejajar, ditemani bintang-bintang terang di atas-bawah, kanan-kirinya. Orang pun langsung mengenali pola ini sebagai Orion, salah satu rasi bintang yang populer. Begitu populernya ia hingga dikenali oleh berbagai
peradaban kuno manusia. Berbagai cerita pun berkembang tentang pemburu perkasa yang satu ini.

Setelah saya baca kisahnya menurut mitologi Yunani, nggak tau saya yang kurang pintar (baca:Oon) atau memang kisahnya yang rumit, saya bingung untuk menceritakan ulang. Kalo mau copas takut yang baca juga sama nggak ngerti.Tapi intinya, Orion ini adalah pemburu yang tangguh namun sombong.



Tetapi apa intinya membicarakan Orion? Nah ini adalah tentang saya dan si pacar. Nama saya Rioni dan dipanggil Oni. Nama pacar saya Yauri dan panggilannya Yori, jadi au nya dibaca o. Suatu hari pacar saya bilang, udah lama banget waktu masih tahun-tahun awal kuliah dulu, salah seorang teman yang sering main dengan kami, saat mau meninggalkan kami sapaannya gini, "Balik ya Yor, On". Saat itu dia kepikiran kata Yoron yang disingkat bisa lebih bagus jika jadi Orion. Disambungin dari nama juga masuk yORIONi kan. Dan mulai saat itu Orion jadi seperti inisial buat kami (sebenarnya mungkin buat saya sendiri hihi, tapi pacar saya pernah buat logo Orion-Us untuk gamenya, jadi saya nggak terlalu geer lah ya ^_^). 

Begitulah sejarah nama Orion buat kami. Makanya nama blog ini juga orion-us. Tapi setelah membaca kisah tentang rasi bintang Orion, saya menemukan penjelasan ini: Yang tidak kalah terkenal dari rasi Orion adalah Orionid Meteor Shower yang biasanya terjadi pada 15 – 29 Oktober. Biasanya hujan meteor orion ini mencapai puncaknya pada tanggal 21. Sekitar 20 meteor per jamnya dapat terlihat. Tetapi ini dapat bervariasi dari 7 sampai 35 meteor per jam.

Tampaknya hujan meteor Orionid sudah mengundang perhatian sejak lama. Tercatat bahwa astronom Amerika, Edward Herrick, memperhatikan hujan meteor ini pertama kali pada tahun 1839. Pada 1864 astronom berkebangsaan Inggris, Alexander Herschel, melakukan observasi yang detil untuk pertama kalinya. Pada akhir abad 19 hujan meteor ini adalah salah satu hujan meteor yang paling banyak diobservasi.

Yiayyy saya menemukan lagi sisi historis rasi Orion yang bisa saya tarik garis dengan cerita kami. Sambil berdoa dalam hati, semoga semua seperti apa yang telah kami rancang. Tidak ada yang mustahil bagi Allah kan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar